Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Beasiswa untuk Anak ‘Pintar tapi Miskin’, Inovasi dan Langkah Konkrit Tingkatkan SDM di Gorontalo

Gubernur ke-2 Gorontalo yang sekarang sebagai Dosen Lemhannas, Dr. Ir. Gusnar Ismail, M.M. (Ist)

Definitif.id, Gorontalo – Pendidikan di Gorontalo telah mengalami kemajuan yang signifikan, data Kemendikbudristek Februari 2023 tentang Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) PAUD, SD, SMP, SM (termasuk Madrasah dan Sederajat) menunjukan bahwa jumlah anak yang bersekolah di Provinsi Gorontalo berada di atas rata-rata jumlah anak yang bersekolah di Indonesia.

Menurut mantan Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail, bahwa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Gorontalo diperlukan inovasi dan langkah konkrit Pemerintah berupa program ‘beasiswa untuk anak pintar tapi orang tuanya miskin’.

Program tersebut dilaksanakan setiap tahun terdiri dari: (1). Sarjana Kedokteran/Dokter 15 orang per tahun kuliah di dalam daerah, (2). Pasca Sarjana (S2/S3) 25 orang per tahun kuliah di PT negeri di Jawa dan luar negeri. Fakultas/Jurusan Program Pasca Sarjana ditentukan oleh Pemerintah, Pemerintah juga perlu memperhatikan kesejahteraan guru negeri/swasta termasuk guru honorer.