Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Pembangunan Desa Terungkap: Skandal Bangunan Tak Sesuai RAB Mengguncang Masyarakat Desa Tambakrejo!

Definitif.id, Malang – Sebuah bangunan yang didanai oleh Anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 diduga tidak memenuhi spesifikasi dan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditetapkan. Warga yang enggan disebutkan namanya menyampaikan, bahwa pipa yang seharusnya berbahan besi diganti dengan paralon, dan material batu yang seharusnya batu kali ternyata menggunakan batu kapur.

“Saya beserta warga di wilayah sudah merasa muak dengan pembangunan di wilayah saya. Banyak bangunan infrastruktur yang tidak sesuai RAB dan spesifikasi,” ucap seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Awak Media pada Senin (04/03/2024).

Salah satu contohnya adalah jembatan yang terletak di wilayah dusun mereka. Warga menilai bahwa pembangunan infrastruktur tersebut tidak sesuai spesifikasi. Mereka merasa kecewa dan frustasi karena merasa tidak ada tempat untuk melaporkan keluhan mereka. Akhirnya, salah seorang warga membuat video dan membagikan status di WhatsApp dengan harapan ada pejabat pemerintah yang melihatnya dan mau menindaklanjuti masalah ini.

Kepala Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang, Agus Hariyono menjelaskan, bahwa pembangunan jembatan di Dusun Sendang Biru RT 1 RW 1 Desa Tambakrejo dimulai pada awal tahun 2023. Namun, pihak desa diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan bersama Pendamping Desa. Kades yang akrab disapa Yafet itu menegaskan, jika memang pembangunan tersebut tidak sesuai dengan RAB, pihak yang bertanggungjawab harus bertanggungjawab.

Sementara itu, Sujarwo selaku Camat Sumawe menanggapi kritikan yang dilontarkan oleh warga melalui video pendek. Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk fungsi kontrol masyarakat terhadap kegiatan pembangunan desa. Ia menekankan pentingnya berkomunikasi dengan Pemerintah Desa jika ada temuan indikasi kesalahan.

“Apabila nanti terbukti bahwa bangunan tersebut tidak sesuai dengan RAB dan spesifikasi yang telah ditetapkan, kami akan meminta untuk disesuaikan dengan regulasi yang berlaku,” tandasnya.