Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Ranperda PP APBD 2021 Disetujui DPRD, Bupati Thariq Sampaikan Ini

Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu bersama Pimpinan DPRD. (Foto: AFS Definitif)

Definitif.id, Gorut – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dalam rangka pembicaraan tingkat II terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan (PP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD, Senin (22/8/2022) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati Thariq menyampaikan rasa syukurnya atas persetujuan bersama Ranperda tersebut. Olehnya itu atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Gorut, Thariq pun memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kesungguhan Pimpinan dan Anggota DPRD Gorut, sehingga pembahasan Ranperda tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Thariq juga menyampaikan, bahwa pelaksanaan APBD Tahun 2021 itu semuanya diarahkan pada upaya optimalisasi pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk pula aparatur. Sehingga kesan pemanfaatan yang tidak efisien, tidak tepat sasaran, dan tidak tepat pemanfaatan dapat dihindari.

“Hal ini tidak terlepas dari keseriusan dan ketaatan kita semua dalam melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai asas umum pengelolaan keuangan daerah sebagaimana disebutkan pada Pasal 194 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolan Keuangan Daerah. Dimana pengelolaan keuangan dilakukan secara tertip, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk masyarakat, serta taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Thariq menerangkan.

Lebih lanjut Thariq menjelaskan, pihaknya juga sangat bersyukur bahwa proses pembahasan Ranperda tersebut berjalan maksimal, sesuai dengan suasana yang kondusif dalam bingkai kemitraan yang demikian utuh.

“Pemda menyambut baik dan positif berbagai usulan serta pertimbangan dewan yang terhormat. Atas nama jajaran Pemda Gorut, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesabaran, kesungguhan dan kearifan yang telah ditunjukan oleh Pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat sejak awal pembahasan sampai dengan tercapainya kesepakatan untuk menjadi Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2021,” tandasnya.