Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Tingkatkan SDM, Pemkab Pessel Teken Mou dengan Universitas Islam Riau

Definitif.id, Pessel – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Islam Riau (UIR) tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bertempat di Painan Convention Center (PCC), pada Kamis (25/08/2022) kemarin.

Penandatanganan MoU dan PKS tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Pessel Apt. Rudi Hariansyah, S.Si dengan Rektor UIR Prof. Syafrinaldi. Ada pun kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Pasca Sarjana UIR, Dekan Fisipol, Ketua Yayasan beserta rombongan, Staf Ahli Bupati, Asisten Kepala Perangkat Daerah dan kepala cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Pessel, Kepala SMA/SMK Negeri di Kabupaten Pessel, Camat IV Jurai, Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua LPMN, dan seluruh pejabat terkait di Kabupaten Pessel.

Dalam sambutannya, Wabup Pessel Apt. Rudi menyampaikan ucapan selamat dan dan terima kasih kepada Rektor UIR beserta rombongan yang telah datang dan hadir bersama dalam kegiatan kunjungan kerja, silaturrahmi dan menjalani kerja sama dengan Kabupaten Pessel.

“Kami ingin sampaikan tentang Visi dan Misi Bupati dan Wabup Pessel, yaitu mewujudkan Pessel lebih sejahtera, maju dan bermartabat didukung pemerintahan yang akuntabel dan profesional,” kata Apt. Rudi.

Apt. Rudi menambahkan, khusus di bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarkat merupakan perioritas pembangunan yang akan diwujudkan bersama melalui kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, khususnya antara UIR dengan Pemkab Pessel ke depannya nanti.

“Yang jelas ini untuk mempercepat terwujudnya pembangunan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Pesisir Selatan,” tuturnya.

Selanjutnya Apt. Rudi pun berharap kepada Rektor UIR dan seluruh jajaran civitas akademiknya, agar kerja sama tersebut tidak hanya sebatas kegiatan seremonial saja, akan tetapi ditindaklanjuti dengan implementasi dan kegiatan nyata dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta ditambah lagi dengan peningkatan ukhuwah islamiyah sebagai perioritas dan ciri khas Kampus UIR dengan Perguruan Tinggi lainnya.

“Dalam pelaksanaan pengabdian lainnya, kami mengharapkan kepada Bapak Rektor, baik dalam penempatan mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), penempatan mahasiswa magang atau praktek kerja lapangan, atau lokasi penelitian dari para Dosen/Pengajar, di mana Kabupaten Pessel akan menjadi pertimbangan dan perioritas dalam pemilihan dan penetapan lokasinya,” harapnya.

“Pada hari ini, kami juga dapat informasi bahwa akan dilaksanakan penandatanganan PKS antara Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIR dengan para Wali Nagari di Kecamatan IV Jurai tentang Nagari Binaan. Kami sangat mendukung dan mengapresiasi serta sangat membutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UIR Prof. Syafrinaldi menyatakan, tujuan Perguruan Tinggi adalah untuk menciptakan ilmuwan yang handal dan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Untuk itu, UIR sendiri akan selalu berupaya melakukan peningkatan jaminan mutu di Kabupaten Pessel.

“Jadi dengan adanya MoU ini, pihak Universitas diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya pembangunan Kabupaten Pessel setelah melakukan MoU ini. UIR siap untuk ikut serta dalam pembangunan Kabupaten Pessel paling tidak dalam penyelanggaraan SDM yang unggul,” tandasnya. (Cen)