Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Hukum, Masyarakat dan Keadilan: Membedah Kontroversi Penangkapan Pegi Setiawan dalam Perspektif Sosiologi Hukum

Oleh: Taufik Huyo

Taufik Huyo. (Ist)

Definitif.id, Opini – Penangkapan Pegi Setiawan, tersangka utama dalam kasus pembunuhan Vina di Cirebon tahun 2016, pada 26 Mei 2024, menjadi peristiwa yang memicu berbagai reaksi dan pandangan. Dari sudut pandang Sosiologi Hukum, kasus ini menarik untuk dianalisis dalam konteks hubungan antara hukum, masyarakat dan keadilan.

Di satu sisi, penangkapan Pegi Setiawan membangkitkan harapan keadilan bagi keluarga korban dan masyarakat luas. Kasus yang telah lama menjadi misteri ini seolah menemukan titik terang setelah buronan selama 8 tahun akhirnya diringkus. Masyarakat pun merasa lega dan berharap keadilan dapat ditegakkan.

Namun, di sisi lain, penangkapan ini juga menimbulkan berbagai kontroversi. Salah satu yang paling menonjol adalah munculnya keraguan atas keabsahan proses hukum yang sebelumnya telah menjatuhkan hukuman terhadap dua orang terpidana. Munculnya fakta baru tentang upaya rekayasa keterangan oleh pihak terpidana sebelumnya, membuka kemungkinan bahwa mereka telah menjadi korban salah tangkap.