Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Tito Karnavian Dilantik Sebagai Plt Menko Polhukam Menggantikan Mahfud MD

Moh. Tito Karnavian dan Mahfud MD (foto : Wikipedia)

Definitif.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri. Keputusan ini tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani pada 2 Februari 2024.

Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus Presiden menyampaikan, bahwa Tito Karnavian akan menjabat sebagai Plt Menko Polhukam dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 hingga dilantiknya Menko Polhukam definitif.

Mahfud MD, yang sebelumnya Calon Wakil Presiden nomor urut 3, telah menyampaikan surat pengunduran dirinya langsung kepada Presiden Jokowi. Ia menegaskan bahwa langkah mundurnya bertujuan memberikan contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye pemilu. Mahfud MD juga telah berdiskusi dengan pasangannya, Calon Presiden RI Ganjar Pranowo, serta dengan Partai Pengusung/Pendukung dan Tim Kampanye terkait langkah politiknya tersebut. (Red)