Welcome to www.definitif.id | Pasti, Jelas dan Terpercaya | Copyright 2022

Gandeng Karang Taruna dan Greenleaf, Kades Buhu Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Definitif.id, Gorontalo – Pemerintah Desa (Pemdes) Buhu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo (Kabgor) bekerja sama dengan Karang Taruna Sejati Desa Buhu dan Perkumpulan Greenleaf Gorontalo menggelar sosialisasi gerakan rakyat menanam yang dirangkaikan dengan penyerahan 5 (lima) Ribu pohon bibit durian, rambutan, jambu kristal, dan gamelina kepada masyarakat setempat, Rabu (20/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Dusun Durian Desa Buhu itu dihadiri oleh Kepala Desa (Kades) Buhu Wirawan Lamalani bersama jajarannya, Kepala Sektor (Kapolsek) Tibawa Iptu Abdus Syafi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Buhu Sertu Soejianto, Ketua Perkumpulan Greenleaf Gorontalo Muhlis Harim, Karang Taruna Sejati Desa Buhu, dan ratusan masyarakat setempat.

Kepada Definitif.id, Kades Buhu Wirawan Lamalani menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut termotivasi dari rusaknya lingkungan yang ada di wilayahnya khususnya di bagian hulu Desa Buhu. Sehingganya, dengan alasan itu dirinya mengajak masyarakatnya untuk bersama-sama menanam pohon bibit buah-buahan tersebut di desanya.

“Karena begitu banyak gunung-gunung yang sudah gundul, sehingga kita ajak masyarakat untuk sama-sama menanam pohon. Karena, ini bagian dari penyelamatan lingkungan yang harus kita lakukan,” kata Wirawan menerangkan.

Lebih lanjut Wirawan menjelaskan, selain untuk menyelamatkan lingkungan, kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Durian itu juga sengaja dilakukan karena dirinya menginginkan bahwa Dusun Durian tersebut ke depan bisa menjadi pusat buah di Desa Buhu.

“Karena kita lihat pasar buah yang ada saat ini buahnya hanya berasal dari luar daerah, sehingga ini yang kita inginkan agar pedagang-pedagang buah tersebut bisa datang ke Dusun Durian dalam hal mencari buah untuk dijual,” ungkapnya.

Terakhir Wirawan menjelaskan, dirinya juga berencana akan melakukan kegiatan yang sama di dusun-dusun lain yang ada di Desa Buhu, agar ke depan Desa Buhu bisa menjadi pemasok buah ke pedagang yang ada baik di daerah maupun di luar daerah.

“Jadi 2 bulan ke depan kita akan evaluasi pencanangan hari ini, kalau ini berhasil dusun lain juga akan kita intervensi dengan kegiatan yang sama, supaya Desa Buhu bisa menjadi desa pemasok buah ke pedagang-pedagang yang ada,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Greenleaf Gorontalo Muhlis Harim sangat mengapresiasi antusias dan respon masyarakat Desa Buhu dalam menyambut dan melaksanakan kegiatan penanaman pohon bibit buah-buahan tersebut.

“Jadi sangat luar biasa, hal ini dibuktikan dengan hadirnya masyarakat Desa Buhu yang kurang lebih sebanyak 141 orang. Tentunya ini merupakan keberhasilan Pemerintah Desa Buhu sendiri dalam memberikan edukasi ke masyarakat,” terangnya.

Terakhir Muhlis pun berharap kepada masyarakat Desa Buhu, agar bersama-sama menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam tersebut sehingga ke depan bisa bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri.

“Karena yang ditanam ini tidak hanya pohon kayu, tapi ada pohon durian montong lokal, jambu kristal, rambutan binjai dan sirsak madu. Jadi ketika ini ditanam, maka 4 atau  5 tahun ke depan Desa Buhu ini bisa menjadi pusat buah,” pungkasnya.